Microsoft Word Project - Fraktur
Halo, selamat datang kembali!!!
Kali ini saya akan membahas terkait project Microsoft Word yang selanjutnya yaitu Fraktur.
Berikut saya lampirkan di bawah ini :
Adapun aturan yang saya gunakan pada project ini antara lain :
A. Tata Letak Dokumen
1. Margin
Margin Top, Left, Bottom, dan Right sebesar 2 cm
2. Orientation
Orientasi berupa Potrait
3. Paper Size
B. Baris Dokumen
1. Line Spacing
2. Alignment
Pada keseluruhan dokumen, menggunakan alignment Justify kecuali pada "Perihal" menggunakan alignment Center.
3. Indentation
Pada paragraf terakhir menggunakan indentasi First Line Indent.
C. Pengaturan Tabel
Pada dokumen ini terdapat 4 tabel, yaitu Kop Perusahaan, Nomor dan Tujuan Surat, Rincian, serta Kolom Tanda Tangan.
Tabel Kop Surat
1. Tata Letak Dokumen
Alignment yang digunakan pada Tabel ialah Left untuk sel rata kiri, Center untuk rata tengah (Judul Tabel Rincian dan Tabel Tanda Tangan), dan Right untuk rata kanan (kolom Harga pada Rincian)
2. Border dan Shading
Pada Tabel Kop Perusahaan, Nomor dan Tujuan Surat, serta Kolom Tanda Tangan tidak menggunakan Border maupun Shading agar terlihat rapi. Untuk Tabel Rincian menggunakan Border dan Shading biru muda pada judul tabel.
3. Fungsi Formula
Fungsi Formula digunakan pada Tabel Rincian, yaitu pada JUMLAH YANG HARUS DIBAYAR, UANG MUKA 50%, BIAYA KIRIM 5%, JUMLAH YANG DITRANSFER, SISA PEMBAYARAN. Penggunaan formula di Word kurang lebih sama seperti di Exel, hanya saja penambahan formula dilakukan pada tool tertentu.Tabel Tools > Layout > Data > Formula
Tampilan Tool Formula
Ilustrasi Tabel Bantu Rincian untuk Tool Formula
1. JUMLAH YANG HARUS DIBAYAR
Pada sel ini menggunakan formula :
=SUM(ABOVE)
2. UANG MUKA 50%
Uang Muka 50% merupakan 50% dari nilai JUMLAH YANG HARUS DIBAYAR
=B5*50%
3. BIAYA KIRIM 5%
Biaya Kirim 5% merupakan 5% dari nilai JUMLAH YANG HARUS DIBAYAR
=B5*5%
4. JUMLAH YANG DITRANSFER
Sel ini didapat dengan menjumlahkan UANG MUKA dan BIAYA KIRIM.
=B6+B7
5. SISA PEMBAYARAN
Sisa Pembayaran didapat dengan mengurangi JUMLAH YANG HARUS DIBAYAR dengan UANG MUKA.
=B5-B6
Comments
Post a Comment